HOME
Home » Informasi Dan Berita » Upah Minimum meningkat, Bagaimana dengan Upah Tukang Bangunan?

Upah Minimum meningkat, Bagaimana dengan Upah Tukang Bangunan?

Posted at Juni 9th, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita
Upah Minimum meningkat, Bagaimana dengan Upah Tukang Bangunan?

Upah Minimum meningkat, Bagaimana dengan Upah Tukang Bangunan?

Setiap tahun, pemerintah selalu meningkatkan standar upah minimum untuk buruh. Standar upah minimum tersebut nantinya akan diberlakukan untuk seluruh perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Tidak terkecuali perusahaan – perusahaan konstruksi yang mempekerjakan para tukang bangunan.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, setiap tahun Indonesia selalu mengalami inflasi. Harga – harga kebutuhan pokok terus mengalami peningkatan. Dampaknya, buruh dan tenaga kerja menjadi mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari keluarga mereka.

Nah, dalam rangka melindungi buruh dari inflasi yang terjadi setiap tahunnya, pemerintah melalui kementerian Tenaga Kerja secara rutin selalu menaikkan standar upah minimum yang besarannya disesuaikan dengan tingkat inflasi dan juga tingkat pertumbuhan ekonomi.

Harapannya dengan peningkatan upah tersebut, tenaga kerja dan buruh tidak perlu mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari mereka dan keluarga mereka.

Upah Minimum meningkat, Bagaimana dengan Upah Tukang Bangunan?

Upah Minimum meningkat, Bagaimana dengan Upah Tukang Bangunan?

Apakah Upah Tukang Bangunan Ikut Meningkat?

Tukang bangunan merupakan profesi yang unik. Berbeda dengan beberapa profesi kerja yang lainnya, profesi tukang bangunan terkadang tidak dibayar bulanan, melainkan dibayar harian. Dalam beberapa kasus, upah tukang bangunan terkadang malah dibayarkan dengan sistem borongan, yaitu dihitung dengan satuan meter persegi.

Lantas, bagaimana keterkaitan antara standar upah minimum yang meningkat dengan upah tukang bangunan di Indonesia? Berdasarkan pengamatan yang kami lakukan dari beberapa sumber referensi, upah tukang bangunan di hampir seluruh daerah di Indonesia juga turut mengalami peningkatan.

Hanya saja, peningkatannya tidak serempak seperti halnya peningkatan upah para tenaga kerja atau pun buruh yang bekerja di perusahaan bidang lainnya. Dalam hal ini, standar upah tukang bangunan mengalami peningkatan dengan besaran yang bervariasi. Karena tidak mengacu pada besaran persentase kenaikan upah yang dibuat oleh pemerintah daerah.

Di beberapa daerah, upah seorang tukang bangunan bukan mandor per harinya saat ini dipatoki di angka 80-an ribu rupiah. Angka tersebut sedikit lebih tinggi dari besaran upah harian tukang bangunan yang berlaku di tahun – tahun sebelumnya, yaitu di kisaran 70-an ribu rupiah.

Sayangnya, di beberapa daerah tertentu, upah harian tukang bangunan masih ada yang di bawah 50 ribu rupiah per hari. Padahal, selain upah tersebut, tukang bangunan tidak mendapatkan kompensasi lainnya seperti apa yang didapatkan oleh tenaga kerja / buruh di bidang lainnya.

Tidak Ada Kompensasi Tambahan

Berbeda dengan buruh dan tenaga kerja yang bekerja di perusahaan. Tukang bangunan hanya memiliki satu jenis kompensasi kerja, yaitu berupa upah. Tukang bangunan tidak mendapatkan tunjangan pokok bulanan, tidak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), dan bahkan di beberapa daerah tertentu. Tukang bangunan juga masih banyak yang belum mendapatkan jaminan sosial dan jaminan kesehatan. Padahal, seperti yang kita ketahui bersama, tukang bangunan adalah pekerjaan yang cukup berbahaya dan sarat akan risiko.

Akan Segera Disertifikasi

Menurut keterangan dari beberapa sumber, disebutkan bahwa ke depannya, seluruh tukang bangunan yang ada di Indonesia akan disertifikasi oleh pemerintah. Dengan begitu, harapannya, kemampuan dan keterampilan kerja yang dimiliki oleh tukang bangunan di Indonesia bisa meningkat.

Dalam prakteknya nanti, tukang bangunan yang sudah berhasil mendapatkan sertifikat akan dibayar lebih tinggi dari tukang bangunan yang belum mendapatkan sertifikat. Selain itu, tukang bangunan yang sudah memiliki sertifikat juga akan memiliki daya saing yang lebih tinggi dalam menghadapi gempuran pasar tenaga kerja bebas MEA yang akan segera dimulai sebentar lagi.

Informasi ini terkait:

upah tukang bangunan 2018 standar pemerintah

Related Post to Upah Minimum meningkat, Bagaimana dengan Upah Tukang Bangunan?

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Posted at 4 April 2019

Sejak awal Tahun 2014 yang lalu, dua perusahaan BUMN yang menangani tenaga kerja di Indonesia secara resmi telah bertransformasi. PT Askes yang sebelumnya bertugas... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 4 April 2019

Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya mengenai besaran upah jurnalis. Apakah besaran upah jurnalis... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Terbaru UMR 2019 : Daftar Upah Minimum Regional Untuk Pekerja

Posted at 4 April 2019

  Pengertian Upah Minimum Regional Upah Minimum Regional 2019 Daftar Upah Minimum Regional 2019 Berikut Detail Daftar UPah Minimum Regional Setiap provinsi Tahun 2019 :... Read More

Komponen Upah Minimum

Komponen Upah Minimum

Posted at 4 April 2019

Sama seperti halnya mayoritas negara yang lainnya. Indonesia juga memiliki standar upah minimum yang wajib dipatuhi oleh setiap perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Standar... Read More

Mekanisme Penetapan Upah Minimum

Mekanisme Penetapan Upah Minimum

Posted at 4 April 2019

Mekanisme penetapan upah minimum di Indonesia dilakukan dengan mempertimbangkan standar angka Kebutuhan Hidup Layak KHL). Angka ini merupakan angka baku yang dihitung dengan mempertimbangkan... Read More

Kategori