HOME
Home » UMP Riau » Berapa UMR Pekanbaru 2019 Saat Ini?

Berapa UMR Pekanbaru 2019 Saat Ini?

Posted at Mei 16th, 2019 | Categorised in UMP Riau

www.upahminimum.info – Pekanbaru merupakan salah satu kota di Riau yang berada di jalur strategis, yakni Lintas Timur Sumatera. Karena posisinya sangat strategis, Pekanbaru bisa langsung terhubung dengan kota-kota besar lainnya, yaitu Padang, Medan, serta Jambi. Tidak hanya itu, kota ini juga diapit oleh 2 kabupaten, seperti di bagian barat dan selatan terdapat Kabupaten Kampar, serta di bagian timur dan utara terdapat Kabupaten Siak.

Upah Minimum Kota Pekanbaru

Upah Minimum Kota Pekanbaru (UMR Pekanbaru 2019)

Membicarakan perekonomian di Pekanbaru, sebenarnya saat ini mereka sudah dikenal sebagai kota metropolitan sama halnya seperti di Ibukota DKI Jakarta. Karena menjadi kota metropolitan, mereka disebut sebagai Pekansikawan yang merupakan kepanjangan dari Pekanbaru, Siak, Kampar, serta Pelalawan.

Ada faktor-faktor pendukung ekonomi yang membuat mereka semakin maju pertumbuhan ekonominya, yaitu pabrik-pabrik kertas dan pulp, kebun kelapa sawit yang luas, belum lagi pabrik pengolahnya. Namun yang paling banyak memberikan keuntungan adalah perusahaan minyaknya. Minyak bumi yang ditemukan di tahun 1939 menjadi sumber perekonomian yang paling kuat hingga saat ini.

Karena semakin berkembangnya kegiatan ekonomi di Pekanbaru, tidak heran terdapat banyak ruko dan pusat perbelanjaan yang sudah semakin menjamur di jalanan kotanya. Tentu saja hal tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan untuk mencari kebutuhan mereka sehari-hari.

Hubungan yang kuat antara perekonomian Pekanbaru dengan upah minimum masyarakatnya tentu menjadi penentu bagaimana tingkat kemajuan ekonominya. Untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, pemerintah pun akhirnya menaikan UMR Pekanbaru 2019 sebesar 7,4 persen dari jumlah di tahun sebelumnya.

Daftar UMR Pekan Baru Dari tahun ketahun :

NoTahunNilai
1UMK Pekanbaru 2019Rp2.762.852,00
2UMK Pekanbaru 2018Rp 2.557.486,73
3UMK Pekanbaru 2017Rp 2.352.570,00
4UMK Pekanbaru 2016Rp 2.165.435,00

Upah Minimum Kota Pekanbaru 2019

Jumlah UMR sebelumnya di tahun 2018 lalu berada di nilai Rp 2.557.468. Angka pendapatan tersebut tentu merupakan hasil kenaikan 8,74 persen dari tahun 2017. Di tahun 2019 ini, angka upah minimumnya semakin tinggi, yakni berada di nilai Rp 2.762.000. Dari hasil kenaikan UMR Pekanbaru 2019 tersebut, sudah jelas kalau upah minimum para pekerjanya mengalami kenaikan sebesar Rp 204.514.

Upah minimum terbaru itu sudah mulai dijalankan di awal tahun 2019 ini, tepatnya tanggal 1 Januari 2019 lalu. Kenaikan yang cukup banyak itu pastinya memberikan dampak bagi para pekerja di Pekanbaru. Kalau sebelumnya mereka cukup kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, sekarang menjadi lebih terjamin.

Kelayakan hidup mereka setidaknya lebih meningkat dari pendapatan yang sebelumnya mereka terima. Jika mereka sudah berkeluarga dan mempunyai anak, pastinya upah mereka bisa semakin meringankan kebutuhan rumah tangga mereka, apalagi kalau anak-anaknya sudah sekolah.

Belum lagi kalau yang pada mulanya mereka harus berhemat-hemat dalam membeli kebutuhan konsumsi. Dengan meningkatnya upah mereka, tentu mereka bisa membeli kebutuhan yang mereka inginkan yang sebelumnya tidak bisa mereka dapatkan.

Daya beli masyarakat yang semakin tinggi tersebut memang sudah menjadi kebiasaan bagi orang-orang yang mendapatkan kenaikan upah. Tapi hal tersebut bisa membawa dampak yang lebih meluas lagi. Selain menaikan jumlah konsumsi masyarakat, tentu saja juga menaikan perekonomian daerah atau kota Pekanbaru.

Dampak lain yang diterima oleh para pekerja lainnya adalah mereka bisa membangun usaha sendiri untuk menambah pendapatan mereka. Tidak jarang saat ini di Pekanbaru mulai banyak usaha-usaha baru karena modal untuk membuatnya sudah mencukupi.

Karena gunanya untuk menyejahterakan masyarakat dan para pengusaha, pemerintah pusat tentu akan memberikan sanksi khusus kalau perusahaan atau kantor tidak mengikuti kebijakan UMR Pekanbaru 2019. Sanksi-sanksi tersebut bisa berupa pemberhentian sementara kegiatan kerja atau yang lebih parahnya lagi kantornya di tutup selamanya.

Upah Minimum Kota Pekanbaru 2018

Upah Minimum Kota Pekanbaru 2018 atau UMR Pekanbaru 2018 ditetapkan mengalami kenaikan sebesar 8,71 persen. Kenaikan ini sesuai dengan besaran persentase kenaikan upah yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Sebelumnya, di akhir Tahun 2017 yang lalu, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Tenaga Kerja menetapkan bahwa besaran persentase kenaikan upah buruh di Indonesia adalah sebesar 8,71 persen. Besaran persentase kenaikan upah minimum tersebut ditetapkan dengan mempertimbangkan besaran angka inflasi dan juga angka pertumbuhan ekonomi nasional.

Dengan besaran kenaikan upah 8,71 persen tersebut. Harapannya kesejahteraan buruh dan tenaga kerja di Indonesia tidak akan mengalami permasalahan yang berarti meskipun harga kebutuhan sehari – hari mengalami peningkatan. Dalam prakteknya, pemerintah provinsi juga dibebaskan untuk menetapkan besaran persentase kenaikan UMP,UMK atau UMR di wilayah mereka sendiri. Tujuannya agar kenaikan upah yang dilakukan bisa lebih pas dan lebih sesuai dengan kondisi perekonomian di daerah mereka.

Nah, khusus untuk daerah Pekanbaru sendiri, Pemerintah Provinsi Riau cenderung lebih memilih untuk menggunakan standar persentase kenaikan upah minimum yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, yaitu sebesar 8,71 persen. Dengan kenaikan tersebut, maka UMK Pekanbaru 2018 saat ini berada di angka Rp. 2.557.486,73.

UMK 2018 Prov Riau

UMK 2018 Prov Riau

Angka tersebut masih lebih tinggi dari besaran UMP Riau 2018 yang ditetapkan sebesar Rp. 2.464.104,06. Dengan besaran standar upah yang lebih tinggi, harapannya, kesejahteraan buruh dan tenaga kerja di Kota Pekan Baru bisa lebih terjamin.

Sama seperti halnya daerah – daerah yang lainnya, besaran UMR Pekanbaru 2018 tersebut nantinya hanya akan diberlakukan untuk tenaga kerja / buruh yang memiliki masa kerja kurang dari satu tahun. Artinya, untuk buruh / tenaga kerja dengan masa kerja lebih dari satu tahun. Besaran upahnya harus lebih tinggi dari angka tersebut.

Penutup

Di lain sisi, standar UMP Pekanbaru 2018 tersebut juga hanya berlaku untuk waktu kerja maksimal selama 40 jam per minggu. Nantinya, jika perusahaan menerapkan waktu kerja lebih dari angka tersebut, maka perusahaan diwajibkan untuk membayar upah / gaji lembur tambahan.

Adanya peningkatan UMR Pekanbaru ini tidak semata-mata di buat secara sembarangan. Jadi diharapkan semua perusahaan dan kantor di Pekanbaru mengikuti kebijakan pemerintah yang satu ini. Semakin sejahteraan para pekerjanya tentu semangat kerja akan semakin meningkat pula, bukan?

Informasi ini terkait:

umr pekanbaru 2018, umr dumai 2019

Related Post to Berapa UMR Pekanbaru 2019 Saat Ini?

Logo Provinsi Riau(UMR Riau)

Bagaimana UMR Riau 2019 di Tiap Kotanya?

Posted at 27 Maret 2019

www.upahminimum.info – Riau merupakan provinsi yang berada di tengah Pulau Sumatera. Kotanya yang paling besar di sana adalah Pekanbaru sebagai ibukotanya, kemudian diikuti Dumai, Selatpanjang,... Read More

Upah Minimum Kabupaten Rokan Hulu

Upah Minimum Kabupaten Rokan Hulu 2018

Posted at 23 Mei 2018

Upah Minimum Kabupaten Rokan Hulu 2018 atau UMR Rokan Hulu 2018 ditetapkan mengalami kenaikan sebesar 8,71 persen. Kenaikan ini sesuai dengan besaran persentase kenaikan... Read More

Upah Minimum Kabupaten Indragiri Hulu

Upah Minimum Kabupaten Indragiri Hulu 2018

Posted at 23 Mei 2018

Upah Minimum Kabupaten Indragiri Hulu 2018 atau UMR Indragiri Hulu 2018 ditetapkan mengalami kenaikan sebesar 8,71 persen. Kenaikan ini sesuai dengan besaran persentase kenaikan... Read More

Upah Minimum Kota Dumai

Upah Minimum Kota Dumai 2018

Posted at 23 Mei 2018

Upah Minimum Kota Dumai 2018 atau UMR Dumai 2018 ditetapkan mengalami kenaikan sebesar 8,71 persen. Kenaikan ini sesuai dengan besaran persentase kenaikan upah yang... Read More

Upah Minimum Kabupaten Kuantan Singingi

Upah Minimum Kabupaten Kuantan Singingi 2018

Posted at 23 Mei 2018

Upah Minimum Kabupaten Kuantan Singingi 2018 atau UMR Kuantan Singingi 2018 ditetapkan mengalami kenaikan sebesar 8,71 persen. Kenaikan ini sesuai dengan besaran persentase kenaikan... Read More

Kategori