HOME
Home » UMP Jawa Barat » UMR Bekasi 2019, Tertinggi Kedua di Jawa Barat

UMR Bekasi 2019, Tertinggi Kedua di Jawa Barat

Posted at Maret 26th, 2019 | Categorised in UMP Jawa Barat

www.upahminimum.info – Kota Bekasi merupakan salah satu dari beberapa kota di Jawa Barat yang memiliki luas wilayah kurang lebih 210,49 km2. Kota ini juga diapit oleh beberapa wilayah yang berbatasan langsung, seperti bagian utara dibatasi oleh Kabupaten Bekasi, bagian selatan berbatasan dengan kabupaten dan kota, yakni Kabupaten Bogor dan Kota Depok, sebelah barat terbatasi dengan Provinsi DKI Jakarta, serta timur juga dibatasi oleh Kabupaten Bekasi.

Lambang Bekasi (UMR Bekasi)

Lambang Bekasi (UMR Bekasi)

Di Kota Bekasi terdapat 3 sungai utama, antara lain Sungai Cakung, Sungai Sunter, serta Sungai Bekasi. Air permukaannya yang mengalir di sungai-sungai atau kali kecil biasanya dimanfaatkan untuk kebutuhan air minum bagi masyarakat yang tinggal di daerah Bekasi dan DKI Jakarta. Tapi, karena penyaringan air limbah yang dilakukan oleh industri tidak berjalan dengan baik. Maka semakin hari airnya semakin tercemar, sehingga tidak layak lagi menjadi sumber air minum.

Air tersebut tidak hanya mengalir di sungai atau kali kecil saja, tapi juga ke saluran irigasi yang membuat lahan sawah tidak kekeringan. Kota Bekasi memang memiliki iklim yang sangat kering dibandingkan daerah Jawa Barat lainnya, apalagi kelembabannya sangat rendah. Tidak heran kalau Anda berkunjung ke Bekasi, hawa di sana lebih panas dibanding di kota lainnya.

Membicarakan faktor ekonomi di Bekasi sebenarnya sudah lebih maju, karena sumbernya berasal dari sektor perdagangan, perhotelan, serta restoran. Pada mulanya, sepanjang jalan Kota Bekasi hanya terdapat toko-toko kelas menengah ke bawah. Lalu seiring berjalannya waktu, pertokoan tersebut berkembang menjadi pusat perdagangan dan menjadikannya toko untuk semua kalangan.

Selain meningkatnya sektor perdagangan, keberadaan industrinya pun tidak boleh ketinggalan pula. Industrinya yang terus menerus menjadi pusat ekonomi, membuatnya disebut sebagai mesin ekonomi Bekasi. Industri pengolahan bahan baku yang menjadi mesin ekonomi yang paling menguntungkan di sini.

Perekonomiannya yang semakin maju itulah yang membuat upah minimum di Bekasi termasuk yang tinggi untuk pendapatan di Indonesia. Bisa dikatakan kalau semakin maju daerah perekonomiannya, maka akan semakin tinggi pula harga kebutuhan hidup masyarakatnya. Tidak heran kalau masyarakatnya juga memerlukan pendapatan yang disesuaikan dengan biaya kebutuhan hidupnya.

Upah Minimum Bekasi 2019

Untuk UMR Bekasi 2019, ternyata masih saja tinggi dan termasuk tertinggi kedua untuk wilayah Provinsi Jawa Barat dengan tertinggi nomor satunya adalah Karawang. Beberapa tahun belakangan ini bahkan UMR Bekasi lebih tinggi dibandingkan DKI Jakarta.

Menjelang akhir tahun 2018 lalu, Kepala DTK atau Dinas Tenaga Kerja yang berada di Kota Bekasi mengumumkan kalau UMR Bekasi 2019 mencapai Rp 4.229.756. Angka tersebut sebenarnya hanya berbeda Rp 4.254 daripada UMR Karawang, yaitu sebesar Rp 4.234.010.

Baca : Daftar Lengkap, UMR Jawa Barat 2019, UMR Jawa Barat 2018 Hingga 2016

Berikut daftar data dari tahun 2019 hingga 2016:

  1. UMR Kota Bekasi 2019 : Rp 4.229.756,61
  2. UMR Kota Bekasi 2018 : Rp 3.915.353,71
  3. UMR Kota Bekasi 2017 : Rp 3.601.650
  4. UMR Kota Bekasi 2016 : Rp 3.327.160

Penetapan tersebut memang sudah disesuaikan dengan biaya hidup masyarakat setempat, mengingat harga-harganya tidaklah murah kalau hanya bergaji pas-pasan saja. Dampaknya pun tentu memberikan hasil yang positif bagi para pekerjanya.

Kebutuhan mereka semakin terpenuhi dan terbantu karena penghasilan mereka semakin bertambah. Mereka yang tinggal sendiri pun kehidupannya semakin layak dari tahun sebelumnya, mengingat harga yang mereka keluarkan perbulannya sudah tidak lagi murah. Kesejahteraan mereka pun akan semakin meningkat sejak adanya pemberlakuan kebijakan UMR Bekasi 2019 ini.

Tapi, bagi perusahaan yang tidak mengikuti aturan pengupahan ini akan mendapat sanksi dari pemerintah. Pada awalnya mereka hanya diberikan peringatan saja, namun kalau masih tidak dijalankan, maka pemerintah akan mengambil langkah tegas, yaitu memberikan hukuman pidana atau penutupan usaha yang mereka lakukan.

Upaya tersebut dilakukan demi kenyamanan pekerjanya. Tentu saja kalau perusahaan melakukan kebijakan ini, mereka juga akan mendapatkan dampak yang positif bagi usahanya.

Informasi ini terkait:

ump bekasi kota, data pendapatan daerah bekasi 2019, umr bekasi 2019, umr bekasi, umr tertinggi, UPAH MINIMUM KAB BEKASI 2016 2017 2018 2019, upah minimum pekerja bekasi, upah minimum regional bekasi

Related Post to UMR Bekasi 2019, Tertinggi Kedua di Jawa Barat

Logo Kota Bogor (UMR Bogor 2019)

Mengenal Struktur Ekonomi dan UMR Bogor 2019

Posted at 23 April 2019

upahminimum.info – Anda yang tinggal di Kota DKI Jakarta dan sekitarnya pasti sudah pernah ke Bogor untuk menikmati kawasan wisatanya yang sangat banyak di... Read More

Logo Jawa Barat

Daftar Lengkap, UMR Jawa Barat 2019, UMR Jawa Barat 2018 Hingga 2016

Posted at 1 April 2019

www.upahminimum.info – Jawa Barat merupakan sebuah Provinsi di Indonesia, yang mana ibukotanya berada di Kota Bandung. Perkembangan Sejarah Menunjukkan bahwa Provinsi tersebut adalah Provinsi yang... Read More

Kerawang (UMR Karawang 2019)

UMR Karawang 2019 Paling Terbesar di Indonesia

Posted at 26 Maret 2019

upahminimum.info – Kalau Anda berkunjung ke Kabupaten Karawang, Anda pasti akan melihat sebagian besar datarannya yang berupa pantai-pantai yang luas. Pantai-pantai tersebut berada di... Read More

Kota Bandung (UMR Bandung)

UMR Bandung 2019 yang Meningkat dari Tahun ke Tahun

Posted at 26 Maret 2019

upahminimum.info – Secara geografis, Bandung berada tepat di tengah Provinsi Jawa Barat yang di kelilingi oleh pegunungan. Tidak heran kalau dilihat dari bentuk morfologinya,... Read More

Logo Depok (UMR Depok)

UMR Kota Depok 2019 Terbaru

Posted at 26 Maret 2019

upahminimum.info – Depok merupakan salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Barat dimana terletak diantara Bogor dan Jakarta. Kota yang memiliki penduduk kurang... Read More

Kategori