HOME
Home » Informasi Dan Berita » Tips Wawancara Kerja Saat Baru Diterima

Tips Wawancara Kerja Saat Baru Diterima

Posted at Mei 22nd, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita
Tips Wawancara Kerja Saat Baru Diterima

Tips Wawancara Kerja Saat Baru Diterima

Wawancara kerja merupakan salah satu dari sekian banyak tahapan tes kerja yang harus dilalui oleh calon tenaga kerja. Banyak tenaga kerja yang gagal mendapatkan pekerjaan karena kurang lihai menghadapi tes wawancara kerja. Itulah kenapa persiapan untuk tes wawancara kerja itu penting untuk dilakukan.

Nah, berbicara mengenai wawancara kerja, pada tulisan kali ini kami akan membagikan beberapa tips wawancara kerja saat baru diterima.

5 Tips Wawancara Kerja saat Baru Diterima

Bila Anda merupakan seorang lulusan baru dan belum pernah mengikuti wawancara kerja sebelumnya, Anda dapat mencoba beberapa tips wawancara kerja berikut ini:

1. Buat Persiapan yang Matang

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengikuti tes wawancara kerja di perusahaan adalah membuat persiapan yang matang. Sebisa mungkin persiapkanlah diri Anda untuk menghadapi pertanyaan – pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh si pewawancara. Buat simulasi wawancara, dan latih diri Anda hingga fasih dalam menjawab semua pertanyaan tersebut.

Biasanya saat wawancara kerja, ada tiga poin penting yang hampir selalu ditanyakan oleh si pewawancara, yaitu mengenai pengalaman pribadi, mengenai pengetahuan bidang pekerjaan dan jurusan, serta mengenai pengetahuan perusahaan. Untuk itu, persiapkanlah diri Anda untuk ketiga poin penting tersebut.

2. Gunakan Pakaian yang Tepat

Pakaian wawancara tidak harus selalu setelan kemeja dan jas. Pakaian wawancara dapat disesuaikan dengan bidang pekerjaan yang akan Anda tekuni dan tempat wawancara kerja dilakukan.

Untuk bidang pekerjaan asisten perkebunan misalnya, tidak jarang wawancara kerja dilakukan di lapangan secara langsung. Dalam wawancara kerja seperti ini, penggunaan setelan kemeja dengan jas dan dasi tentunya sangat tidak tepat.

Oleh karena itu, gunakanlah setelan pakaian yang tepat. Ketahui dimana lokasi wawancara kerja akan dilaksanakan. Selama pakaian yang Anda kenakan adalah pakaian yang sopan, tim hrd perusahaan pasti akan mengapresiasinya.

3. Datang In Time

Tips wawancara kerja saat baru diterima yang selanjutnya adalah datang ke lokasi wawancara in time. Perusahaan besar selalu menghargai waktu. Untuk itu, tunjukkan pula sikap menghargai waktu dengan cara datang in time.

Datanglah sekitar 30 – 60 menit sebelum tes wawancara berlangsung. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan diri Anda kembali sesaat sebelum wawancara dilangsungkan. Datang tepat waktu nantinya juga bisa melindungi Anda dari berbagai macam permasalahan, seperti salah gedung, salah ruangan, dll.

4. Percaya Diri

Percaya diri mencerminkan pengetahuan dan pemahaman. Mayoritas perusahaan cenderung lebih suka mempekerjakan karyawan yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Untuk bisa memiliki rasa percaya diri yang tinggi, Anda wajib mempersiapkan diri Anda. Coba cari informasi selengkap mungkin tentang latar belakang dan budaya perusahaan tempat Anda akan bekerja. Selain itu, jangan lupa untuk turut mempersiapkan diri dalam hal bidang pekerjaan yang ingin Anda masuki.

Bila persiapan Anda matang, rasa percaya diri akan tumbuh dengan sendirinya. Sebaliknya, bila persiapan Anda kurang, kemungkinan besar rasa percaya diri akan langsung luntur dari diri Anda.

5. Hindari Bersikap Arogan

Sikap arogan dapat membuat Anda kehilangan pekerjaan yang sudah di depan mata. Pertanyaannya, perilaku seperti apakah yang tergolong sebagai perilaku arogan? Salah satunya adalah menjawab pertanyaan dengan sombong.

Percaya diri itu memang penting, namun bila percaya dirinya berlebihan, alih – alih terlihat optimis, Anda malah akan terkesan sombong dan arogan. Oleh karena itu, jawablah semua pertanyaan dari pewawancara dengan percaya diri namun tidak sombong alias berlebihan.

Informasi ini terkait:

bengkel stamping logam BERANDA Indonesia loc:ID, metal metal furniture TENTANG KAMI Jakarta loc:ID, steel steel furniture product PT loc:ID, baja metal furniture PRODUK PT loc:ID, metal furniture home Jakarta loc:ID, metal furniture PRODUK Jakarta loc:ID, Perusahaan CNC coil BERANDA Indonesia loc:ID

Related Post to Tips Wawancara Kerja Saat Baru Diterima

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Posted at 4 April 2019

Sejak awal Tahun 2014 yang lalu, dua perusahaan BUMN yang menangani tenaga kerja di Indonesia secara resmi telah bertransformasi. PT Askes yang sebelumnya bertugas... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 4 April 2019

Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya mengenai besaran upah jurnalis. Apakah besaran upah jurnalis... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Terbaru UMR 2019 : Daftar Upah Minimum Regional Untuk Pekerja

Posted at 4 April 2019

  Pengertian Upah Minimum Regional Upah Minimum Regional 2019 Daftar Upah Minimum Regional 2019 Berikut Detail Daftar UPah Minimum Regional Setiap provinsi Tahun 2019 :... Read More

Komponen Upah Minimum

Komponen Upah Minimum

Posted at 4 April 2019

Sama seperti halnya mayoritas negara yang lainnya. Indonesia juga memiliki standar upah minimum yang wajib dipatuhi oleh setiap perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Standar... Read More

Mekanisme Penetapan Upah Minimum

Mekanisme Penetapan Upah Minimum

Posted at 4 April 2019

Mekanisme penetapan upah minimum di Indonesia dilakukan dengan mempertimbangkan standar angka Kebutuhan Hidup Layak KHL). Angka ini merupakan angka baku yang dihitung dengan mempertimbangkan... Read More

Kategori