HOME
Home » Informasi Dan Berita » Tips Meningkatkan Loyalitas Pekerja untuk Perusahaan

Tips Meningkatkan Loyalitas Pekerja untuk Perusahaan

Posted at Mei 14th, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita
Mengapa Loyal Ke Perusahaan Itu Penting!

Mengapa Loyal Ke Perusahaan Itu Penting!

Loyalitas pekerja adalah hal yang penting bagi perusahaan. Loyalitas pekerja dapat membantu perusahaan untuk mencapai visi dengan lebih cepat, lebih lancar dan juga lebih mudah. Selain itu, loyalitas karyawan juga dapat menghemat biaya operasional perusahaan.

Sayangnya, tidak semua karyawan yang dimiliki perusahaan adalah karyawan yang loyal. Ada banyak karyawan yang tidak loyal para perusahaan tempatnya bekerja. Alasannya sangat beragam, dari mulai karena bayaran yang dirasa kurang pas sampai dengan posisi yang dirasa kurang nyaman, semuanya dapat membuat karyawan menjadi tidak loyal ke perusahaan.

Mengapa Loyal Ke Perusahaan Itu Penting!

Bagi karyawan, loyal adalah sebuah pilihan. Setiap karyawan boleh dan bebas untuk menentukan sikap mereka sendiri – sendiri. Apakah mereka akan menjadi karyawan yang loyal atau tidak, mereka yang menentukannya sendiri.

Hanya saja, karyawan yang loyal biasanya akan mendapatkan banyak keuntungan dan juga “kompensasi tambahan” dari perusahaan. Itulah mengapa kami sebut sikap loyal ke perusahaan itu penting.

Biasanya, karyawan yang loyal akan memiliki produktivitas kerja di atas rata – rata. Karena itu, peluang karyawan loyal untuk bisa mendapatkan promosi jabatan dari atasan mereka / dari manajemen perusahaan cenderung jauh lebih besar.

Di lain sisi, beberapa perusahaan ada juga yang menerapkan sistem tunjangan prestasi. Semakin tinggi prestasi dan produktivitas karyawan, maka semakin tinggi pula tunjangan prestasi yang akan didapatkan oleh karyawan tersebut. Artinya, karyawan loyal cenderung berpeluang lebih besar untuk mendapatkan tunjangan prestasi.

Loyalitas yang Tidak Perlu

Meskipun bila dilihat dari penjelasan di atas loyalitas adalah hal yang penting, namun ada kondisi – kondisi dimana loyalitas pekerja tidak perlu dilakukan. Kondisi – kondisi seperti ini perlu diciptakan agar perusahaan bisa berbenah dan menyadari kesalahan.

Loyalitas kerja tidak perlu dilakukan bila perusahaan tidak memberikan hak karyawan dengan baik. Gaji yang dibayar tidak sesuai dengan UMK / UMP yang berlaku, karyawan tidak diberi cuti, karyawan dipaksa bekerja melebihi waktu kerja normal tanpa diberi upah lembur sama sekali. Bila salah satu hal tersebut terjadi, maka buang jauh – jauh sifat loyal dari diri Anda.

Bahkan, bila diperlukan, Anda sebaiknya juga turut melaporkan perusahaan tempat Anda bekerja ke lembaga yang berwenang, seperti serikat buruh atau langsung ke pengadilan. Dengan begitu, hak – hak pekerja yang sebelumnya tidak ditunaikan oleh perusahaan bisa segera didapatkan.

Tips Meningkatkan Loyalitas Pekerja untuk Perusahaan

Tips Meningkatkan Loyalitas Pekerja untuk Perusahaan

Tips Meningkatkan Loyalitas Pekerja untuk Perusahaan

Bila Anda memiliki usaha yang mempekerjakan buruh / tenaga kerja, berikut merupakan beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan loyalitas pekerja di perusahaan Anda:

1. Tunaikan Seluruh Hak Tenaga Kerja

Tenaga kerja berkewajiban untuk membantu perusahaan menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Sebagai imbalannya, tenaga kerja berhak mendapatkan kompensasi seperti upah bulanan, THR, tunjangan prestasi, dll. Agar tenaga kerja di perusahaan Anda betah dan loyal, Anda wajib menunaikan seluruh hak mereka.

2. Beri Bonus

Bonus kinerja sering kali membuat karyawan menjadi lebih terpacu untuk bekerja melebihi standar kerja yang ditetapkan oleh perusahaan. Untuk itu, agar loyalitas pekerja di perusahaan bisa meningkat, coba terapkan sistem bonus kinerja pada setiap karyawan yang bekerja di perusahaan Anda.

3. Beri Jenjang Karir yang Jelas

Bila jenjang karir yang dimiliki oleh tenaga kerja jelas, maka kemungkinan besar mereka akan bisa lebih semangat dalam bekerja. Hal ini dikarenakan setiap tenaga kerja pasti ingin segera naik jabatan. Oleh sebab itu, berilah jenjang karir yang jelas pada setiap tenaga kerja yang ada di perusahaan Anda.

Related Post to Tips Meningkatkan Loyalitas Pekerja untuk Perusahaan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Posted at 4 April 2019

Sejak awal Tahun 2014 yang lalu, dua perusahaan BUMN yang menangani tenaga kerja di Indonesia secara resmi telah bertransformasi. PT Askes yang sebelumnya bertugas... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 4 April 2019

Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya mengenai besaran upah jurnalis. Apakah besaran upah jurnalis... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Terbaru UMR 2019 : Daftar Upah Minimum Regional Untuk Pekerja

Posted at 4 April 2019

  Pengertian Upah Minimum Regional Upah Minimum Regional 2019 Daftar Upah Minimum Regional 2019 Berikut Detail Daftar UPah Minimum Regional Setiap provinsi Tahun 2019 :... Read More

Komponen Upah Minimum

Komponen Upah Minimum

Posted at 4 April 2019

Sama seperti halnya mayoritas negara yang lainnya. Indonesia juga memiliki standar upah minimum yang wajib dipatuhi oleh setiap perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Standar... Read More

Mekanisme Penetapan Upah Minimum

Mekanisme Penetapan Upah Minimum

Posted at 4 April 2019

Mekanisme penetapan upah minimum di Indonesia dilakukan dengan mempertimbangkan standar angka Kebutuhan Hidup Layak KHL). Angka ini merupakan angka baku yang dihitung dengan mempertimbangkan... Read More

Kategori