HOME
Home » Informasi Dan Berita » Perhitungan Upah untuk Tunjangan Hari Raya

Perhitungan Upah untuk Tunjangan Hari Raya

Posted at Juni 12th, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita

Indonesia memiliki sebuah kebiasaan yang cukup unik. Menjelang hari lebaran, perusahaan yang beroperasi di Indonesia biasanya akan memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada seluruh karyawan dan tenaga kerja yang dimilikinya. Kebiasaan ini tidak ditemui di negara – negara besar seperti Inggris, Amerika, dan Jerman.

Perhitungan Upah untuk Tunjangan Hari Raya

Perhitungan Upah untuk Tunjangan Hari Raya

Meskipun THR merupakan hak tenaga kerja, namun banyak tenaga kerja / buruh di Indonesia yang tidak mengetahui bagaimana perhitungan upah untuk tunjangan hari raya di Indonesia. Beberapa tenaga kerja bahkan tidak perduli. Berapapun besarannya, yang penting mereka bisa dapat THR. Padahal, perhitungan THR sebenarnya sudah ditentukan oleh pemerintah dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 6 Tahun 2016.

Perhitungan Upah untuk Tunjangan Hari Raya

Menurut Permen No. 6 Tahun 2016, setidaknya ada enam poin penting yang perlu diketahui tenaga kerja terkait dengan upah untuk tunjangan hari raya. Ke enam poin penting tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mengenai Masa Kerja

Upah tunjangan hari raya wajib diberikan kepada setiap tenaga kerja yang sudah bekerja minimal 1 bulan di perusahaan. Besar uang THR untuk tenaga kerja dengan masa kerja satu tahun ke atas adalah satu bulan gaji, sedangkan tenaga kerja dengan masa kerja di bawah satu tahun, besaran uang THR-nya dihitung dengan rumus berikut:

Uang THR = Masa Kerja X Upah 1 Bulan / 12

Upah satu bulan yang dimaksud dalam hal ini boleh dipilih dari gaji pokok saja atau gaji pokok ditambah dengan tunjangan tetap.

Contoh, Budi sudah bekerja selama 3 bulan dengan upah bulanan sebesar 4 juta rupiah. Besaran THR yang akan diterima oleh budi adalah:

Uang THR = 3 x 4 juta / 12 = 1 juta rupiah.

2. Bentuk THR

Upah untuk tunjangan hari raya hanya boleh diberikan dalam bentuk uang. Pemberian di luar bentuk uang, entah itu berupa voucher belanja, paket sembako, parsel, atau pun hadiah – hadiah lainnya tidak dapat dihitung sebagai THR.

3. Waktu Pembagian THR

Pembagian upah untuk tunjangan hari raya harus dilakukan oleh perusahaan selambat – lambatnya satu minggu atau 7 hari sebelum hari raya. Contohnya, bila hari raya jatuh pada tanggal 27 juli, maka THR harus sudah dibagikan ke buruh maksimal tanggal 20 juli.

4. THR untuk Tenaga Kerja yang Terkena PHK

Tenaga kerja yang terkena PHK kurang dari 30 hari sebelum hari raya tetap berhak mendapatkan upah untuk tunjangan hari raya. Tidak hanya itu, pekerja kontrak waktu tertentu dan pekerja kontrak waktu tidak tentu juga tetap berhak mendapatkan THR.

Selama ini, banyak perusahaan yang berkelit dan tidak mau membayar THR pada tenaga kerja kontrak. Padahal, sejak tahun 2016 yang lalu, sejak Permen Ketenagakerjaan No. 6 Tahun 2016 sah dijalankan, setiap tenaga kerja, baik itu tenaga kerja tetap maupun tenaga kerja kontrak tetap berhak mendapatkan uang THR.

5. Pajak THR

Setiap pekerja yang mendapatkan THR lebih dari 4,5 juta rupiah diwajibkan untuk membayar pajak sesuai dengan aturan yang terdapat dalam PPh 21. Bila THR yang didapatkan lebih rendah dari 4,5 juta rupiah, maka pekerja tidak wajib membayar THR.

Perhitungan Upah untuk Tunjangan Hari Raya - 1

Perhitungan Upah untuk Tunjangan Hari Raya – 1

6. Sangsi Perusahaan

Perusahaan yang tidak membayar upah untuk tunjangan hari raya atau tidak membayar THR dengan tepat waktu akan dikenai denda sebesar 5 persen dari besaran THR yang harus dibayarkan. Denda tersebut nantinya harus diserahkan kepada pekerja, sehingga THR yang diterima pekerja akan menjadi 105 persen dari besaran gaji bulanan yang biasa mereka terima.

Related Post to Perhitungan Upah untuk Tunjangan Hari Raya

Tips menghemat biaya ketika kuliah tanpa mengurangi budget

Tips menghemat biaya ketika kuliah tanpa mengurangi budget

Posted at 10 Februari 2019

www.upahminimum.info – Universitas atau perguruan tinggi berkaitan dengan pembelajaran, bersenang-senang dan menjalin pertemanan baru, bukan?. Tapi semoga Anda akan belajar banyak dan mendapatkan kualifikasi... Read More

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya - Ilustrasi

Daftar Gaji PNS 2019, Gaji PNS 2018 Hingga 2015 Dan Golongannya

Posted at 27 Desember 2018

www.upahminimum.info – PNS merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan masyarakat Indonesia. Bekerja sebagai seorang PNS sering kali dianggap sebagai posisi yang aman dan... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Terbaru UMR 2019 : Daftar Upah Minimum Regional Untuk Pekerja

Posted at 21 Agustus 2018

  Pengertian Upah Minimum Regional Upah Minimum Regional 2019 Daftar Upah Minimum Regional 2019 Berikut Detail Daftar UPah Minimum Regional Setiap provinsi Tahun 2019 :... Read More

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Posted at 20 Agustus 2018

Saat mengajukan lamaran pekerjaan, perasaan pasti akan terasa campur aduk. Dari mulai penasaran, senang, sampai dengan was – was, semuanya akan dirasakan. Apalagi jika... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 16 Agustus 2018

Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya mengenai besaran upah jurnalis. Apakah besaran upah jurnalis... Read More

Kategori