HOME
Home » Informasi Dan Berita » Peran Penting Job Fair untuk Lulusan Baru

Peran Penting Job Fair untuk Lulusan Baru

Posted at Juni 21st, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita
Peran Penting Job Fair untuk Lulusan Baru - Antri

Peran Penting Job Fair untuk Lulusan Baru – Antri

Lulusan baru biasanya cenderung sedikit lebih sulit untuk mendapatkan lowongan kerja. Pasalnya mayoritas perusahaan yang ada sampai saat ini masih cenderung lebih mengutamakan tenaga kerja berpengalaman dibandingkan dengan tenaga kerja yang belum berpengalaman.

Salah satu waktu terbaik yang bisa dimanfaatkan oleh para lulusan baru untuk mendapatkan lowongan pekerjaan adalah ketika Job Fair. Perusahaan – perusahaan yang mengikuti Job Fair biasanya membuka lowongan pekerjaan untuk banyak posisi. Mayoritas posisi tersebut biasanya adalah untuk para lulusan baru.

Peran Penting Job Fair untuk Lulusan Baru

Jika dikaji – kaji, acara Job Fair memiliki peran yang sangat penting untuk para lulusan baru. Secara keseluruhan, peran penting job fair untuk para lulusan baru adalah sebagai berikut:

1. Tempat Mengajukan Lamaran Pekerjaan

Namanya juga job fair, acara ini ditujukan sebagai jembatan perantara bagi perusahaan dan calon tenaga kerja yang saling membutuhkan. Dalam hal ini, di acara job fair, perusahaan bisa mendapatkan kandidat calon tenaga kerja, dan di lain sisi, calon tenaga kerja bisa mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang mereka minati.

Peran Penting Job Fair untuk Lulusan Baru - ilustrasi

Peran Penting Job Fair untuk Lulusan Baru – ilustrasi

Jumlah perusahaan yang mengikuti acara job fair biasanya cukup banyak. Normalnya dalam sebuah acara job fair ada lebih dari 25 perusahaan yang turut berpartisipasi. Nah, ini merupakan kesempatan yang bagus untuk para lulusan baru.

Lulusan baru dapat mengajukan lamaran ke seluruh perusahaan peserta job fair yang mereka anggap menarik atau pun sesuai dengan kualifikasi mereka. Dengan begitu, peluang lulusan baru untuk mendapatkan pekerjaan akan menjadi semakin besar.

2. Tempat Mendapatkan Informasi dan Tips Seputar Dunia Kerja

Peran penting job fair untuk lulusan baru juga mencakup penyebaran informasi dan tips seputar dunia kerja. Biasanya, selain dijadikan sebagai bursa lowongan kerja, job fair juga dijadikan sebagai acara talk show dengan tema seputar dunia kerja. Dengan mengikuti acara talk show yang ada di job fair tersebut, para lulusan baru bisa mendapatkan banyak informasi dan tips yang berkaitan dengan dunia kerja.

3. Tempat Menimba Pengalaman Tes Kerja

Beberapa institusi tertentu terkadang ada yang turut melaksanakan tes kerja secara langsung di area job fair. Nah, ini merupakan sebuah peluang yang bagus untuk para lulusan baru.

Dengan mengikuti tes kerja yang ada di job fair, lulusan baru akan mendapatkan pengalaman tes kerja. Pengalaman ini nantinya akan sangat berguna dalam aktivitas tes kerja di masa mendatang.

Walaupun nantinya Anda tidak langsung berhasil mendapatkan pekerjaan, namun Anda akan bisa mencari titik kelemahan Anda saat menghadapi tes kerja. Segera perbaiki titik kelemahan tersebut sehingga di tes kerja yang selanjutnya Anda akan bisa langsung mendapatkan pekerjaan.

4. Tempat Mendapatkan Relasi Antar Sesama Pencari Kerja

Job fair biasanya akan dihadiri oleh ribuan atau bahkan puluhan ribu pencari kerja. Anda dapat bertemu, berkenalan dan berbagi kontak dengan para pencari kerja lainnya. Dengan begitu, jika sewaktu – waktu kalian memiliki informasi yang bermanfaat seputar dunia kerja, kalian bisa saling berbagi.

Relasi antar sesama pencari kerja ini juga akan bermanfaat saat kalian sama – sama diterima di sebuah perusahaan tertentu. Dengan memanfaatkan relasi yang dimiliki, Anda tidak perlu bingung harus berangkat ke kantor dengan siapa.

Itulah beberapa peran penting job fair yang akan didapatkan oleh para lulusan baru. Jadi, setelah membaca tulisan di atas, apakah Anda tertarik untuk mengikuti event job fair?

Informasi ini terkait:

pengelasan baja LAYANAN CV loc:ID, logam cookware TENTANG KAMI PT loc:ID, logam casting TENTANG KAMI PT loc:ID, Produk lembaran CNC contact CV loc:ID, Perusahaan tabung CNC home PT loc:ID, permesinan baja LAYANAN CV loc:ID, Perusahaan lembaran CNC LAYANAN PT loc:ID, Pasokan lembaran CNC LAYANAN PT loc:ID, metal plate product CV loc:ID, metal cookware about Indonesia loc:ID, mesin bending logam home Indonesia loc:ID, CNC welding about Jakarta loc:ID, CNC casting working BERANDA PT loc:ID, CNC cookware product Surabaya loc:ID, industri teknik baja BERANDA PT loc:ID

Related Post to Peran Penting Job Fair untuk Lulusan Baru

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Posted at 4 April 2019

Sejak awal Tahun 2014 yang lalu, dua perusahaan BUMN yang menangani tenaga kerja di Indonesia secara resmi telah bertransformasi. PT Askes yang sebelumnya bertugas... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 4 April 2019

Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya mengenai besaran upah jurnalis. Apakah besaran upah jurnalis... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Terbaru UMR 2019 : Daftar Upah Minimum Regional Untuk Pekerja

Posted at 4 April 2019

  Pengertian Upah Minimum Regional Upah Minimum Regional 2019 Daftar Upah Minimum Regional 2019 Berikut Detail Daftar UPah Minimum Regional Setiap provinsi Tahun 2019 :... Read More

Komponen Upah Minimum

Komponen Upah Minimum

Posted at 4 April 2019

Sama seperti halnya mayoritas negara yang lainnya. Indonesia juga memiliki standar upah minimum yang wajib dipatuhi oleh setiap perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Standar... Read More

Mekanisme Penetapan Upah Minimum

Mekanisme Penetapan Upah Minimum

Posted at 4 April 2019

Mekanisme penetapan upah minimum di Indonesia dilakukan dengan mempertimbangkan standar angka Kebutuhan Hidup Layak KHL). Angka ini merupakan angka baku yang dihitung dengan mempertimbangkan... Read More

Kategori