HOME
Home » Informasi Dan Berita » Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia

Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia

Posted at Juni 28th, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita
Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia

Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia

Pengaruh tingkat pendidikan kepada tenaga kerja di Indonesia tergolong cukup besar. Dalam kondisi normal, tingkat pendidikan akan berbanding lurus dengan kualitas tenaga kerja dan upah yang diterima oleh tenaga kerja.

Semakin tinggi tingkat pendidikan yang dienyam oleh tenaga kerja, semakin tinggi pula kemampuan tenaga kerja tersebut dalam menyelesaikan masalah yang ada di perusahaan. Di lain sisi, semakin tinggi tingkat pendidikan yang dimiliki oleh seorang tenaga kerja, semakin tinggi pula upah yang diterima oleh tenaga kerja tersebut.

Beberapa Pengaruh Tingkat Pendidikan pada Tenaga Kerja

Untuk lebih lengkapnya, pengaruh tingkat pendidikan pada tenaga kerja di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Gaji / Upah

Upah yang diterima oleh tenaga kerja dengan tingkat pendidikan yang tinggi biasanya cenderung lebih besar dari upah yang diterima oleh tenaga kerja dengan tingkat pendidikan yang rendah.

Seorang lulusan SMA di masa – masa awal bekerja biasanya akan mendapatkan upah sebesar UMP atau pun UMK yang berlaku di daerahnya. Lulusan perguruan tinggi S1 akan dibayar lebih mahal, yaitu sekitar 1,2 sampai dengan 1,5 dari besaran UMP atau pun UMK yang berlaku.

2. Jenis Pekerjaan

Pengaruh tingkat pendidikan kepada tenaga kerja juga terlihat sangat jelas dalam jenis pekerjaan yang akan dibebankan. Tenaga kerja yang berpendidikan tinggi biasanya akan dibebani dengan pekerjaan – pekerjaan yang sifatnya cenderung mengarah ke “pekerjaan otak”. Di lain sisi, tenaga kerja yang berasal dari jenjang pendidikan rendah biasanya akan dibebani dengan jenis pekerjaan yang cenderung mengarah ke “pekerjaan otot”.

3. Jabatan / Posisi Kerja

Tenaga kerja yang berasal dari jenjang pendidikan tinggi biasanya akan ditempatkan pada posisi jabatan yang tinggi. Tenaga kerja yang berasal dari jenjang pendidikan rendah akan ditempatkan pada posisi jabatan yang rendah.

Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia - Ilustrasi

Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia – Ilustrasi

Di dunia perkantoran misalnya. Seorang lulusan sarjana begitu masuk mungkin akan bisa langsung menjadi seorang tenaga admin. Di lain sisi, seorang lulusan SMA saat baru masuk mungkin hanya bisa menjadi seorang OB atau pembuat kopi.

4. Peluang Karir

Pengaruh tingkat pendidikan kepada tenaga kerja juga turut mencakup peluang karir. Normalnya, tenaga kerja yang berasal dari pendidikan tinggi akan memiliki jenjang karir yang lebih jelas.

Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia - Pendidikan di Dunia Kerja

Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia – Pendidikan di Dunia Kerja

Hal ini berbeda dengan tenaga kerja yang berasal dari jenjang pendidikan rendah yang cenderung memiliki peluang karir yang sempit. Untuk mengatasi hal ini, beberapa perusahaan biasanya menyarankan tenaga kerja mereka untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

5. Tanggung Jawab Kerja

Meskipun jika dilihat sekilas tenaga kerja yang berasal dari jenjang pendidikan tinggi jauh lebih diuntungkan, namun tanggung jawab kerja yang harus diemban oleh tenaga kerja dari jenjang pendidikan tinggi biasanya juga lebih besar.

Seorang tenaga kerja lulusan SMA mungkin hanya akan diberi tanggung jawab yang sepele seperti menjaga kebersihan kantor atau pun memastikan dokumen tertentu terbagi ke seluruh karyawan yang ada di kantor.

Hal ini berbeda dengan tenaga kerja yang berasal dari lulusan S2. Seorang tenaga kerja lulusan S2 mungkin akan diberi tanggung jawab yang besar, seperti menangani divisi penjualan yang dimiliki oleh perusahaan secara penuh, menangani bagian hrd perusahaan secara penuh, menanggungjawabi bagian produksi perusahaan secara penuh, dan lain sebagainya.

Itulah sedikit tulisan mengenai pengaruh tingkat pendidikan kepada tenaga kerja Indonesia yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Informasi ini terkait:

metal stamping working home PT loc:ID, CNC panel product PT loc:ID, signage baja PROFIL Indonesia loc:ID, perusahaan pemotongan baja about Indonesia loc:ID, Pekerjaan teknik CNC product Indonesia loc:ID, pekerjaan teknik baja TENTANG KAMI Indonesia loc:ID, pekerjaan teknik baja PROFIL Indonesia loc:ID, metal coil working contact PT loc:ID, gulungan baja home Jakarta loc:ID, Tabung CNC bekerja BERANDA PT loc:ID

Related Post to Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Posted at 4 April 2019

Sejak awal Tahun 2014 yang lalu, dua perusahaan BUMN yang menangani tenaga kerja di Indonesia secara resmi telah bertransformasi. PT Askes yang sebelumnya bertugas... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 4 April 2019

Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya mengenai besaran upah jurnalis. Apakah besaran upah jurnalis... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Terbaru UMR 2019 : Daftar Upah Minimum Regional Untuk Pekerja

Posted at 4 April 2019

  Pengertian Upah Minimum Regional Upah Minimum Regional 2019 Daftar Upah Minimum Regional 2019 Berikut Detail Daftar UPah Minimum Regional Setiap provinsi Tahun 2019 :... Read More

Komponen Upah Minimum

Komponen Upah Minimum

Posted at 4 April 2019

Sama seperti halnya mayoritas negara yang lainnya. Indonesia juga memiliki standar upah minimum yang wajib dipatuhi oleh setiap perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Standar... Read More

Mekanisme Penetapan Upah Minimum

Mekanisme Penetapan Upah Minimum

Posted at 4 April 2019

Mekanisme penetapan upah minimum di Indonesia dilakukan dengan mempertimbangkan standar angka Kebutuhan Hidup Layak KHL). Angka ini merupakan angka baku yang dihitung dengan mempertimbangkan... Read More

Kategori