HOME
Home » Informasi Dan Berita » Besaran upah Jurnalis Indonesia

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at Agustus 16th, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita

Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya mengenai besaran upah jurnalis. Apakah besaran upah jurnalis di Indonesia tinggi? Dan apakah besarannya mencukupi untuk kehidupan sehari – hari?

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia – Jurnalis

Tanggung Jawab dan Beban Kerja Jurnalis

Jika dilihat sekilas, pekerjaan seorang jurnalis memang kelihatan tidak terlalu berat. Hanya berkeliling dan menulis / membuat liputan berita, lantas apa susahnya? Padahal, beban kerja yang harus ditanggung oleh seorang jurnalis sebenarnya sangat berat.

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Pekerja Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia – Pekerja Jurnalis

Seorang jurnalis harus mampu bekerja dalam lingkungan kerja yang berubah dengan cepat. Telat sedikit saja, informasi yang harusnya bisa dijadikan sebagai liputan utama bisa hilang begitu saja.

Tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang jurnalis juga sangat berat. Di waktu – waktu tertentu, seorang jurnalis harus mau dan mampu bekerja over time di malam atau bahkan dini hari. Di waktu yang sama, jurnalis juga dituntut untuk berada dalam posisi yang netral, yaitu tidak memihak ke siapa pun sama sekali.

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Wartawan Indonesia

Besaran upah Jurnalis Indonesia – Wartawan Indonesia

Setelah informasi yang dibutuhkan berhasil didapatkan, jurnalis masih harus mengolahnya lagi menjadi informasi yang siap untuk dikonsumsi oleh publik. Entah itu tulisan, gambar, atau pun video, salah satunya harus dibuat oleh jurnalis sehingga informasi yang ia tangkap bisa dikonsumsi oleh publik secara jelas.

Lantas, dengan beban kerja yang sedemikian berat, berapakah besaran upah jurnalis? Berapakah gaji yang diterima oleh seorang jurnalis setiap bulannya? Dan apakah gaji tersebut memadai untuk kebutuhan sehari – hari?

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis Televisi

Besaran upah Jurnalis Indonesia – Jurnalis Televisi

Besaran Upah Jurnalis di Indonesia

Upah jurnalis di Indonesia masih tergolong cukup rendah. Jika dibandingkan dengan beban kerja yang harus diterima oleh seorang jurnalis, besaran upah jurnalis mungkin bisa dikatakan tidak sebanding.

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis Media Radio

Besaran upah Jurnalis Indonesia – Jurnalis Media Radio

Dalam kebanyakan kasus, perusahaan – perusahaan media ternama biasanya hanya menggaji jurnalis mereka dengan mengikuti standar upah minimum provinsi atau pun upah minimum kabupaten / kota yang berlaku di area operasional perusahaan mereka. Di daerah – daerah, perusahaan media kecil terkadang malah membayar jurnalis mereka dengan upah yang lebih rendah dari standar UMP atau pun UMK yang berlaku.

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis Media Online

Besaran upah Jurnalis Indonesia – Jurnalis Media Online

Di Tahun 2018 sendiri, rata – rata jurnalis baru yang sudah diangkat menjadi karyawan tetap mendapatkan gaji sekitar 1,7 sampai dengan 2,2 juta rupiah. Di beberapa daerah terpencil seperti Pematangsiantar dan Simalungun, gaji jurnalis berada di angka 1 – 1,5 juta rupiah, yaitu lebih rendah dari standar UMP Sumatera Utara yang berada di angka 2,1 juta rupiah.

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis Cetak

Besaran upah Jurnalis Indonesia – Jurnalis Cetak

“Upah Tambahan” untuk Jurnalis

Di sebagian daerah minat generasi muda untuk menjadi jurnalis terkadang dipicu oleh semangat untuk membongkar kebobrokan pemerintah daerah mereka. Dengan menjadi seorang jurnalis, mereka berharap bisa membongkar kebusukan pemerintah daerah mereka ke publik.

Sayangnya, karena besaran upah jurnalis yang kecil, semangat jurnalis untuk membongkar kedok busuk pemerintah daerah sering kali menjadi pupus. Hal ini disebabkan oleh “upah tambahan” yang sering ditawarkan oleh pihak – pihak tertentu.

Upah tambahan yang ditawarkan kepada jurnalis terkadang tidak hanya berupa uang tunai, melainkan bisa berupa peralatan rumah tangga, fasilitas hidup, fasilitas hiburan, dan berbagai macam hal lainnya.

Menurut sebagian pengamat, keberadaan “upah tambahan” ini sering kali membuat berita yang ditampilkan oleh jurnalis menjadi tidak netral atau bahkan memihak pada golongan – golongan tertentu. Bahkan, di dunia online sendiri saat ini ada istilah “berita pesanan” yang isinya bisa diatur oleh pihak – pihak tertentu.

Itulah sedikit informasi mengenai besaran upah jurnalis di Indonesia yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat ya!

Related Post to Besaran upah Jurnalis Indonesia

Tips menghemat biaya ketika kuliah tanpa mengurangi budget

Tips menghemat biaya ketika kuliah tanpa mengurangi budget

Posted at 10 Februari 2019

www.upahminimum.info – Universitas atau perguruan tinggi berkaitan dengan pembelajaran, bersenang-senang dan menjalin pertemanan baru, bukan?. Tapi semoga Anda akan belajar banyak dan mendapatkan kualifikasi... Read More

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya - Ilustrasi

Daftar Gaji PNS 2019, Gaji PNS 2018 Hingga 2015 Dan Golongannya

Posted at 27 Desember 2018

www.upahminimum.info – PNS merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan masyarakat Indonesia. Bekerja sebagai seorang PNS sering kali dianggap sebagai posisi yang aman dan... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Terbaru UMR 2019 : Daftar Upah Minimum Regional Untuk Pekerja

Posted at 21 Agustus 2018

  Pengertian Upah Minimum Regional Upah Minimum Regional 2019 Daftar Upah Minimum Regional 2019 Berikut Detail Daftar UPah Minimum Regional Setiap provinsi Tahun 2019 :... Read More

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Posted at 20 Agustus 2018

Saat mengajukan lamaran pekerjaan, perasaan pasti akan terasa campur aduk. Dari mulai penasaran, senang, sampai dengan was – was, semuanya akan dirasakan. Apalagi jika... Read More

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Posted at 14 Agustus 2018

Sejak awal Tahun 2014 yang lalu, dua perusahaan BUMN yang menangani tenaga kerja di Indonesia secara resmi telah bertransformasi. PT Askes yang sebelumnya bertugas... Read More

Kategori